6 tips membersihkan sepatu kulit, perawatan sepatu kulit agar tampak baru

Bagi sebagian orang mungkin belum mengetahui tentang cara membersihkan dan merawat sepatu kulit agar awet dan tampak baru. Perawatan sepatu kulit secara tepat selain bermanfaat membuatnya awet juga dapat mencegah bau serta mempertahankan warna sepatu tersebut sehingga sepatu kulit kita akan tampak baru meskipun sudah lama dipakai. Selain itu dengan perawatan yang tepat diharapkan sepatu anda akan terlihat bersih ketika digunakan 


tips membersihkan sepatu kulit



Memiliki dan memakai sepatu berbahan kulit memang memberikan kenyamanan tersendiri bagi pemakainya. Sepatu kulit memang sudah dikenal sejak jaman dahulu bahkan disinyalir sepatu pertama kali dibuat dengan bahan dasar kulit. Bahan dasar kulit memiliki beberapa keistimewaan, salah satunya adalah bahannya yang kuat serta teksturnya yang halus. Bagi seorang yang memakai sepatu berbahan kulit, akan menimbulkan kesan tersendiri. Seorang akan nampak lebih dewasa ketika menggunakannya, selain itu dengan menggunakan sepatu berbahan kulit menimbulkan kesan bahwa orang tersebut mampu secara ekonomi. Benar atau tidaknya hal tersebut, sepatu kulit mendukung penampilan yang terbaik dari diri kita tentunya jika dipadukan dengan busana yang sesuai.

Untuk menjaganya tetap awet, tentu kita harus melakukan perawatan yang sesuai. Cara merawat sepatu kulit berbeda dengan cara merawat sepatu dari bahan sintetis. Sebelum kita masuk ke dalam cara merawat sepatu kulit, maka sebaiknya kita pahami terlebih dahulu sifat-sifat dari bahan kulit serta kekurangan dan kelebihan sepatu yang mempunyai bahan dasar kulit.

Kekurangan sepatu berbahan dasar kulit

  1. Tidak tahan terhadap jamur. Hal yang menjadi kelemahan memiliki barang yang berbahan dasar kulit adalah tidak tahan terhadap jamur. Berbeda dengan sepatu sepatu jenis lainnya, sepatu yang berbahan kulit akan lebih mudah terkena jamur bila kita menyimpannya di tempat yang lembab.
  2. Tidak tahan terhadap detergen. Berbeda dengan bahan lainnya, sepatu dengan bahan kulit tidak tahan terhadap detergen, sepatu kulit akan mengalami perubahan warna jikaterpapar dengan detergen meskipun dalam waktu yang tidak lama.

Kelebihan sepatu berbahan dasar kulit

  1. Mempunyai tekstur yang lembut. Bahan dasar kulit sejak jaman dahulu terkenal karena teksturnya yang lembut. Oleh karenanya sepatu berbahan kulit merupakan salah satu sepatu yang sangat digemari terutama oleh orang dewasa karena saat dipakai akan memberikan kenyamanan lebih terhadap kaki kita dibandingkan dengan bahan sepatu lainnya.
  2. Nyaman dipakai. Masih terkait dengan hal diatas, karena memiliki tekstur yang lembut maka sepatu dengan bahan dasar kulit nyaman ketika dipakai. Selain itu bahan ini dapat menyesuaikan dengan anatomi kaki kita. Sepatu kulit juga dapat dengan mudah menyesuaikan lekukan-lekekukan kaki kita ketika kita memakainya,oleh karenanya nyeri pada kaki akibat gesekan kaki dengan sepatu dapat diminimalisir.
  3. Kuat dan tahan lama. Bila kita melakukan perawatan secara benar dan tepat maka sepatu kulit kita akan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan bahan lainnya termasuk kulit sintetis.
  4. Tampilan mewah dan elegan. Sepatu kulit akan memberikan kesan mewah terhadap orang yang memakainya. Tidak jarang sepatu ini seringkali digunakan di dalam acara-acara pesta ataupun acara-acara kebesaran lainnya. Kesan mewah akan bertambah jika kita menggunakan sepatu kulit yang dipadukan dengan busana yang kita kenakan.

Cara membersihkan sepatu kulit

Cara membersihkan sepatu kulit berbeda dengan sepatu berbahan sintetis lainnya. Hal yang perlu diperhatikan ketika membersihkan sepatu kulit adalah tidak merusak tekstur sepatu dan tetap mempertahankan warna sepatu tersebut tanpa mengurangi kebersihan dari sepatu. Adapun peralatan yang harus dipersiapkan adalah :
  1. Sikat sepatu
  2. Kain lembut
  3. Wadah dengan isi air
  4. Kapas dan alkohol
  5. Semir sepatu

Langkah-langkah membersihkan sepatu kulit :

pertama

Lepaskanlah tali sepatu dan sol sepatu jika sepatu anda memiliki sol yang bisa dilepas, selanjutnya bersihkan bagian bawah atau bagian grip sepatu menggunakan sikat sepatu yang memiliki bagian ujung kasar. Sebaliknya gunakanlah sikat yang memiliki permukaan halus untuk membersihkan permukaan sepatu yang berbahan kulit agar lapisan kulit tersebut tidak mudah rusak. Cara menyikatnya tidak boleh searah namun gunakanlah gerakan secara melingkar atau singular untuk menyikat permukaan bagian atas sepatu kulit anda.

kedua

Setelah selesai menyikat maka bersihkan permukaan sepatu kulit anda menggunakan kain yang memiliki tekstur halus dengan tujuan membersihkan kotoran-kotoran kecil yang masih dimungkinkan menempel di permukaan sepatu. Pastikan anda tidak melewatkan bagian sela-sela dari sepatu anda misalkan bagian lipatan sepatu dan bagian sela-sela pengait tali sepatu kulit anda.

ketiga

Bersihkan sepatu kulit anda menggunakan sabun yang telah dicampur dengan air hangat, selanjutnya gosoklah secara perlahan sepatu kulit anda dengan kain halus yang sebelumnya telah dicelupkan ke dalam wadah berisi cairan sabun. Bilaslah sepatu anda dengan air bersih kemudian keringkan dengan kain yang bersih.

keempat

Untuk membersihkan bagian dalam sepatu anda tidak perlu mencucinya terlalu sering. Sikatlah bagian dalam sepatu dengan menggunakan sikat sepatu yang didesain khusus. Pastikan kotoran yang ada dapat keluar terutama kotoran yang terdapat di bagian ujung sepatu.

kelima

Khusus untuk bagian sol sepatu, karena bagian ini kemungkinan besar bercampur dengan keringat kita, maka kita boleh mencuci ataupun merendamnya ke dalam cairan yang sudah dicampur dengan sabun, cucilah sol sepatu tersebut. Anda juga diperbolehkan menggunakan sikat untuk membersihkannya. Keringkanlah sol sepatu di bawah sinar matahari langsung dengan tujuan membunuh bakteri yang ada untuk mencegah timbulnya penyakit kulit yang disebabkan bakteri atau jamur yang terdapat di dalam sepatu.

keenam

Khusus untuk kulit jenis suede, kita dapat membersihkan noda yang membandel pada sepatu kulit kita menggunakan cuka yang telah diencerkan. Namun kita tidak boleh terlalu lama menggunakan cuka tersebut karena cuka bersifat asam sehingga justru akan merusak permukaan kulit dan menimbulkan noda. Usaplah permukaan sepatu kulit kita menggunakan cuka yang telah diencerkan lalu bilas dan keringkan   

Membersihkan sepatu kulit dari noda minyak

Sepatu kulit bila terkena minyak akan menimbulkan bintik-bintik berwarna kehitaman dan sangat susah dibersihkan menggunakan sabun. Oleh karenanya kita bisa memanfaatkan bahan-bahan yang memiliki sifat dapat menyerap minyak. Kita dapat menggunakan tepung jagung ataupun baking soda pada permukaan sepatu kulit yang terkena minyak, setelah itu diamkan kurang lebih semalam, baru cucilah sepatu anda dengan sabun, gosok secara perlahan dengan sikat yang halus lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan. Hal ini untuk menjaga agar kulit sepatu tidak berubah warna. Selain itu anda dapat menjemurnya dengan cara menutup bagian atas dari sepatu dengan kertas Koran agar sepatu tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Membersihkan sepatu kulit dari noda tinta

Untuk membersihkan sepatu kulit dari noda tinta kita memerlukan kapas dan alcohol. Langkah-langkahnya : celupkan kapas pada cairan alcohol, kemudian usap secara perlahan pada bagian sepatu yang terkena tinta, jangan menggosok terlalu lebar pada bagian tersebut karena dikhawatirkan tinta akan tambah menyebar, setelah tinta mulai perlahan hilang, gantilah menggunakan lap kering untuk membersihkan lapisan sepatu kulit anda yang terkena tinta lalu keringkan.

Membersikan sepatu kulit dari noda yang membandel

Untuk membersihkan sepatu kulit dari noda yang membandel, anda dapat menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar anda atau bahan-bahan alami lainnya. Caranya mudah, kita dapat menggunakan jeruk lemon untuk membersihkan sepatu kulit. Jeruk lemon kita pilih karena memiliki zat pemutih ringan dan cocok digunakan pada sepatu yang memiliki warna cerah. Caranya : peraslah jeruk lemon sampai mendapatkan air perasan yang cukup untuk dioleskan pada permukaan sepatu yang memiliki noda membandel dan susah untuk dibersihkan, selanjutnya diamkan sepatu tersebut selama kurang lebih 30 menit. Gunakanlah kain yang memiliki tekstur halus untuk membersihkannya. Bila noda belum menghilang, lakukanlah secara berulang dengan pertimbangan, anda bisa menggunakan sikat halus untuk menggosok secara perlahan bagian sepatu kulit yang kotor barulah keringkan menggunakan kain yang halus dan kering.

Perawatan sepatu kulit

 
perawatan sepatu kulit agar tampak baru

 

Simpanlah sepatu kulit anda pada kardus sepatu. Jika anda membeli sepatu janganlah membuang kardus sepatu yang anda beli karena kardus tersebut dapat anda manfaatkan sebagai wadah penyimpanan sepatu sehingga  sepatu dapat terhindar dari debu dan kotoran lainnya.

Simpanlah sepatu kulit anda di tempat yang kering. Hal yang paling sering dilakukan pemilik sepatu kulit adalah menyimpan sepatu mereka pada tempat yang tersembunyi dan cenderung lembab. Harapannya memang agar sepatu tersebut dapat awet dan terlihat baru ketika akan digunakan, namun hal ini justru akan berakibat buruk tehadap sepatu kita. Sepatu kulit kita akan lebih mudah terkena jamur serta bagian jahitan antara lapisan kulit dengan grip sepatu akan lebih mudah rusak. Selain itu lapisan lilin yang terdapat di bagian dalam sepatu akan lebih mudah hancur karena lingkungan yang lembab.

Jangan menindih sepatu kulit dengan barang lainnya. Untuk menjaga agar sepatu kita berubah bentuk terutama pada permukaan bagian atas, sebaiknya kita tidak menindih sepatu kita dengan barang-barang lainnya. Hal tersebut sangat dimungkinkan karena penekanan yang terlalu lama maka dikhawatirkan sepatu kita akan berubah bentuk.

Gunakanlah silica gel
.  Tentu anda tidak merasa asing dengan benda yang satu ini. Silica gel banyak kita temukan pada beberapa kardus ketika kita membeli barang-barang tertentu, sebagai contoh sepatu. Benda yang berbentuk kecil dan menyerupai teh celup ini memiliki banyak manfaat. Manfaat bila kita menambahkan silica gel pada sepatu kulit kita selain dapat mencegah timbulnya jamur juga dapat mencegah bau keringat kita yang menempel di dalamnya. Caranya, kamu bisa memasukkan silica gel pada kardus tempat penyimpanan sepatu kulitmu ataupun memasukkannya ke dalam bagian dalam sepatu kulitmu, dengan begitu air bekas keringat dapat terserap sehingga diharapkan dapat meminimalisir terjadinya bau atau timbulnya jamur.

Hindari kulit sepatu dari air hujan. Air hujan memiliki tingkat keasaman yang tinggi,oleh karenanya air hujan bersifat korosif, tidak hanya untuk barang barang yang terbuat dari bahan logam saja melainkan barang yang terbuat dari bahan non logam termasuk bahan kulit. Pengaruh air hujan pada sepatu kita dapat merusak jahitan pada bagian grip serta dapat merubah warna sepatu. Oleh karenanya kita sebaiknya menghindarkan sepatu kita terhadap air hujan. Namun apabila terpaksa sepatu kulit kita sudah terlanjur terkena air hujan, maka tindakan yang tepat adalah mencucinya terlebih dahulu dengan cara-cara yang telah disebutkan, barulah kita mengeringkannya.

Gunakanlah semir sepatu untuk melapisi sepatu dan mengkilapkannya. Jangan ragu untuk memilih semir sepatu untuk menjaga sepatu kulitmu nampak baru. Semir sepatu selain dapat mengkilapkan lapisan bagian luar juga bermanfaat melapisinya sehingga debu dan kotoran tidak mudah menempel ada sepatu kulit kita. Pilihlah semir sepatu yang disesuaikan dengan warna sepatumu, semirlah bagian permukaan sepatu termasuk bagian grip.     

Itulah tadi beberapa tips atau cara untuk membersihkan dan merawat sepatu kulit anda. Dengan perawatan yan tepat maka sepatu kulit anda diharapkan dapat awet dan nampak selalu baru. semoga artikel ini bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 tips membersihkan sepatu kulit, perawatan sepatu kulit agar tampak baru"

Posting Komentar