kenali 15 keuntungan dan kerugian berwirausaha sebelum anda merintis usaha anda

Keuntungan dan kerugian berwirausaha. Wirausaha memiliki beberapa pengertian dan sudah banyak pakar mendefinisikan wirausaha menurut ide dan pemikirannya masing-masing. Dari pendapat beberapa pakar secara garis besar wirausaha didefinisikan sebagai orang yang menjalankan usaha atau perusahaan dengan segala resikonya. Dalam berwirausaha seseorang harus memiliki beberapa kemampuan untuk dapat mengambangkan usahanya tersebut. Usaha yang dikembangkan oleh seorang wirausahawan merujuk pada sesuatu yang baru baik itu berupa barang atau jasa. Selain barang dan jasa beberapa hal yang bisa dihasilkan oleh wirausahawan diantaranya : 

  1. Metode produksi yang dikenalkan
  2. Pasar baru yang diperkenalkan
  3. Alat produksi baru

Ada banyak alasan mengapa seseorang memilih berwirausaha, salah satunya adalah dengan berwirausaha seseorang tidak banyak bergantung terhadap orang atau instansi lain. Selain itu dengan berwirausaha  seseorang akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan bekerja sebagai pegawai. Selain alasan-alasan yang telah disebutkan ada beberapa alasan yang memotivasi seseorang untuk berwirausaha. Berikut ini avolino akan sedikit memberikan gambaran mengenai keuntungan dan kerugian dalam berwirausaha serta problematika yang dihadapi.

Alasan seseorang berwirausaha

keuntungan dan kerugian berwirausaha
sumber : pixabay.com

Ingin mengembangkan diri dengan usaha mandiri
Bagi beberapa orang yang tidak ingin menjadi seorang pegawai dan menjadikan wirausaha sebagai pilihan hidupnya, memiliki usaha mandiri tentunya akan memberikan kepuasan yang lebih. Seseorang lebih memilih berwirausaha karena memiliki kepribadian yang ingin selalu berinovasi dan mempunyai jiwa leadership serta memiliki kemampuan manajemen yang baik. Beberapa orang beranggapan bekerja dibawah perintah atasan hanya akan menghambat kreatifitasnya dalam bekerja, oleh karenanya beberapa orang akan memilih berwirausaha dan mengembangkan usahanya secara mandiri.

Meneruskan usaha yang dirintis oleh orang tua
Sebagian orang akan lebih memilih berwirausaha jika dibandingkan dengan harus bekerja sebagai pegawai karena dapat meneruskan usaha yang dirintis oleh pendahulunya. Memang sangat disayangkan apabila usaha yang sudah berjalan dengan baik dan usaha itu menghasilkan produk, jasa yang dikenal dan diterima oleh masyarakat harus berhenti karena tidak ada generasi yang mau atau mampu menjalankan usaha tersebut. Oleh karenanya sebagian orang akan memilih untuk melanjutkan usaha yang sudah ada dan mencoba mengembangkankannya, tentunya dengan inovasi-inovasi baru dengan harapan produk yang dihasilkannya dapat dikenal dan diterima oleh pasar.

Berwirausaha karena keterbatasan pendidikan
Tidak jarang kita jumpai seseorang yang minim pendidikan dapat menjadi pengusaha yang sukses berkat kegigihannya dalam bekerja dan kepandaiannya mengambil peluang yang ada. Bagi sebagian orang berwirausaha mungkin bukanlah pilihan hidupnya. Banyak orang yang menginginkan bekerja menjadi seorang pegawai namun tidak memiliki pendidikan yang cukup atau seorang yang memiliki pendidikan tidak memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai karyawan di berbagai perusahaan. Di tengah keputusasaan tersebut muncullah ide untuk berwirausaha. 

Itulah tadi beberapa alasan orang berwirausaha. Selanjutnya kita akan membahas tentang keuntungan, kerugian berwirausaha serta tantangan  yang harus dihadapi. berikut penjelasannya :

Keuntungan berwirausaha


  • Memiliki banyak relasi
Jika kita berwirausaha, maka kita dituntut untuk bisa membangun relasi sebanyak-banyaknya. Hal tersebut ditujukan untuk dapat mengenalkan produk maupun jasa yang kita tawarkan sehingga keduanya dapat dikenal luas oleh masyarakat. Kita dituntut untuk bisa menjalin relasi dengan baik sehingga kita akan mendapatkan banyak kenalan baru. Hal tersebut mungkin bisa saja kita lakukan jika kita berstatus sebagai pegawai di salah satu perusahaan, namun hubungan relasi dengan klien sebatas hubungan kerja, dan kita memiliki beban moral karena kita membawa nama perusahaan tempat kita bekerja.

  • Dapat mengembangkan pasion kita
Keuntungan lainnya jika kita menjadi wirausahawan adalah kita dapat bekerja dan mengembangkan apa yang menjadi pasion kita, selain itu kita dapat mengembangkan ide-ide dalam diri kita tanpa harus takut hal tersebut ditolak oleh atasan karena yang menjadi atasan adalah diri kita sendiri. Hal yang paling sering yang dialami oleh karyawan yang bekerja di perusahaan adalah, mereka tidak dapat mengembangkan ide-ide mereka ketika bekerja, mereka tidak dapat berinovasi dengan hal yang baru karena terkadang hal itu dilarang atau berseberangan dengan pendapat dari atasan kita, meskipun tidak semua atasan bersifat demikian, namun kita akan lebih bebas berinovasi dengan kemampuan kita sendiri dan sepenuhnya merupakan tanggung jawab kita bila kita berwirausaha.

  • Lebih termotivasi untuk bekerja
Jika berwirausaha maka besar kecilnya pendapatan berasal dari usaha kita sendiri, oleh karenanya kita semakin lebih termotivasi untuk lebih giat dalam bekerja, baik itu dengan lebih sering mempromosikan produk-produk kita, lebih banyak menjalin relasi bisnis ataupun meningkatan mutu produk / jasa yang kita tawarkan. Semua itu kita lakukan  dengan tujuan agar produk atau jasa kita semakin banyak digunakan atau dibeli sehingga pendapatan yang kita dapatkan akan lebih banyak. Hal ini berbeda jika anda bekerja sebagai karyawan atau pegawai dimana pada perusahaan-perusahaan tertentu anda diwajibkan untuk bekerja dengan target, namun seringkali seorang pegawai tidak mendapatkan imbalan yang sepantasnya meskipun telah bekerja jauh melebihi target yang telah ditetapkan.

  • Memiliki waktu bersama dengan keluarga
Salah satu keuntungan jika kita berwirausaha adalah kita memiliki cukup waktu untuk digunakan bersama keluarga. Jika anda bekerja sebagai seorang pegawai, anda akan menjalani rutinitas sesuai dengan jadwal kerja anda, berbeda dengan jika anda berwirausaha, anda dapat mengatur sedemikian jadwal bekerja anda, sehingga mendapatkan waktu yang cukup untuk bisa digunakan bersama dengan keluarga. Selain itu, anda juga dapat mengajak anggota keluarga yang lain untuk bisa terlibat dalam usaha anda, dengan begitu anda tetap bisa bekerja tanpa harus takut kehilangan waktu-waktu untuk bisa berkumpul dengan anggota keluarga lainnya.

  • Dapat bekerja secara mandiri
Kelebihan lain jika kita berwirausaha adalah kita dapat bekerja secara mandiri, dalam artian kita tidak tergantung kepada orang lain karena sepenuhnya kita sendirilah yang menjalankan usaha tesebut. Memang dalam prosesnya untuk bisa mandiri dalam bekerja tidak mudah, namun pengalaman demi pengalaman akan menempa anda sehingga anda dapat menjalankan usaha anda tersebut. Dibutuhkan kemampuan untuk menjaga kualitas barang atau jasa, kemampuan untuk mengambil peluang serta kemampuan untuk melakukan manajemen keuangan yang baik untuk dapat menjaga kelangsungan usaha anda tersebut hingga nanti menjadi usaha yang jauh lebih sukses.

  • Memiliki kepuasan tersendiri
Kepuasan hidup dan tolak ukur kepuasan seseorang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Salah satu keuntungan bila kita berwirausaha adalah mendapatkan kepuasan secara pribadi.  Kita akan mempunyai hal yang sepenuhnya milik kita, tentu dengan hal itu dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang dalam pergaulannya di lingkungan masyarakat. Seseorang akan meningkat derajatnya dan dihormati bila dia memiliki pekerjaan. Dalam hal ini pekerjaan anda adalah mengelola “usaha” anda secara mandiri.

  • Dapat membuka lapangan pekerjaan baru
Selain hal-hal yang telah  disebutkan diatas, salah satu keuntungan jika anda menjadi wirausahawan adalah dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama dalam memperoleh pendidikan di sekolah maupun di lembaga pendidikan non formal lainnya. Bagi seorang yang tidak memiliki pendidikan yang cukup, maka orang tersebut mungkin akan kesulitan dalam mencari pekerjaan. Disinilah peran seorang wirausaha untuk dapat membuka lapangan kerja baru bagi orang-orang yang tidak memiliki pendidikan formal untuk bisa bekerja. Selain itu anda juga dapat membantu para penyandang disabilitas dengan mengikutsertakan mereka dalam usaha yang anda rintis, tentunya sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing. Hal tersebut akan membuat diri anda jauh lebih berguna bagi orang lain karena akan membantu perekonomian keluarga mereka dan meningkatkan kepercayaan diri karena mereka mempunyai sebuah pekerjaan.

  • Dapat mengoptimalkan aset suatu daerah
Jika anda menjadi wirausaha anda dapat mengoptimalkan aset daerah anda. Terkadang masyarakat tidak menyadari bahwa di daerah mereka sebenarnya memiliki beberapa potensi yang bisa dikembangkan sehingga menjadi suatu produk yang berguna dan memiliki nilai jual lebih. Misalkan di suatu daerah banyak terdapat tanaman enceng gondok atau daerah tersebut dapat tumbuh subur tanaman mendong, tanaman yang bagi sebagian orang merupakan tanaman pengganggu ini dapat dimanfaatkan untuk dibuat suatu kerajinan yang memiliki nilai jual lebih. Tentunya dengan sedikit kreatifitas, promosi dan kualitas produk yang baik maka produk tersebut dapat diterima oleh masyarakat.

  • Wirausaha tidak selamanya membutuhkan pendidikan yang tinggi
Bagi sebagian orang yang tidak cukup beruntung karena tidak mampu mengenyam pendidikan formal, tidak akan menghalangi mereka untuk menjadi seorang wirausaha. Bahkan saat ini banyak sekali kita jumpai wirausaha sukses meskipun mereka tidak memiliki pendidikan formal yang cukup tinggi.  Meskipun dalam berwirausaha akan lebih baik jika usaha yang kita rintis berdasarkan ilmu yang kita peroleh di lembaga pendidikan formal, namun tidak menutup kemungkinan bagi anda yang tidak memiliki cukup pendidikan formal dapat menjadi usahawan yang sukses dan tidak kalah dengan mereka yang memiliki pendidikan yang cukup.

  • Dapat mengembangkan hobi kita
Tidak jarang usaha sukses berdasarkan dari hobi seseorang, dan usaha yang diawali dari hobi akan memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah seorang tidak akan terlalu terbebani dengan usaha yang ditekuninya karena hal tersebut ebagai media bagi seseorang untuk dapat menyalurkan ketertarikannya dalam suatu hal. Namun ada tantangan tersendiri bagi seseorang yang ingin menjadikan hobinya menjadi suatu usaha mandiri, yakni bagaimana cara merubah hobi tersebut agar dapat berguna bagi public dan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

  • Dapat melatih kita untuk semakin berinovasi dan meningkatkan kreatifitas
Bila anda memiliki suatu produk, agar produk tersebut dapat diterima baik oleh masyarakat selain menjaga kualitas dari produk juga harus dapat berinovasi dengan menciptakan produk-produk lainnya. Sehingga masyarakat akan banyak memiliki pilihan terhadap produk yang anda buat. Selain itu dengan berwirausaha maka anda dilatih untuk bisa menangkap peluang yang ada.


Selain memiliki banyak keuntungan namun berwirausaha juga memiliki beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan pegawai atau seorang karyawan. Adapun beberapa kendala yang harus dihadapi seorang wirausahawan adalah :

Kerugian berwirausaha :

 


Tidak memiliki penghasilan pasti
Ya benar, kekurangan seorang wirausahawan jika dibandingkan dengan seorang pegawai adalah tidak memiliki penghasilan pasti. Jika seorang pegawai setiap bulan mendapat upah dari tempat dia bekerja berbeda dengan jika seorang memutuskan untuk berwirausaha. Seorang wirausaha memang tidak memiliki penghasilan pasti, namun tidak menutup kemungkinan  penghasilan yang didapatkannya dalam rentang waktu yang sama akan berlipat dibandingkan dengan seorang pegawai.

Harus memiliki modal yang cukup
Faktor keuangan sebagai modal usaha merupakan masalah klasik dalam dunia kewirausahaan. Beberapa usaha yang sedang berkembang seringkali tidak memiliki modal yang cukup untuk mengembangkan usahanya. Hal itu juga dialami oleh beberapa orang yang ingin membuka usaha baru. Beberapa cara dapat ditempuh untuk bisa mendapatkan modal usaha, salah satunya adalah mengajukan pinjaman modal di beberapa bank yang khusus menyediakan bantuan modal untuk usaha kecil mandiri.

Harus bisa bersaing dengan  usaha lainnya
Kekurangan lainnya dalam dunia kewirausahaan adalah penuh dengan persaingan bisnis. Seringkali konsep usaha yang kita rintis ditiru oleh orang lain, tentunya hal itu akan berdampak pada usaha kita. Namun disitulah tantangan kita, kita dituntut agar bisa menjaga kualitas dan pelayanan kita serta harus dapat berinovasi dengan hal-hal yang baru, guna memenangkan pasar.

Keuntungan dan kerugian ditanggung pemilik usaha
Kerugian lainnya jika anda memutuskan untuk menjadi wirausaha adalah segala kerugian usaha anda anda tanggung sendiri. Terkecuali jika anda menjalankan usaha tersebut dengan orang lain. Oleh karenanya anda harus berani berspekulasi dan melakukan pertimbangan yang cermat dalam menjalankan usaha anda tersebut, agar usaha yang anda jalankan tidak mengalami kerugian, sebaliknya usaha kita mendapat keuntungan yang banyak untuk bisa digunakan dalam pengembangan usaha lainnya.

Itulah tadi keuntungan dan kerugian berwirausaha. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin memulai usaha anda. salam sukses !

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "kenali 15 keuntungan dan kerugian berwirausaha sebelum anda merintis usaha anda"

Posting Komentar